Ciliwung

Kepulauan

Jawa

Lokasi Konservasi

Sungai

Sebuah kawasan yang menjadi prioritas baru bagi WWF-Indonesia adalah Sungai Ciliwung. Sungai sepanjang 117 km dengan daerah aliran sungai (DAS) seluas 38.610 ha ini menyediakan air tawar bagi lebih dari 20 juta orang di Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Sungai ini sangat tercemar dan alirannya dipengaruhi pembangunan. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang masif untuk memastikan sungai tersebut dapat menjadi sumber air dan menyokong mata pencaharian yang berkelanjutan. Dalam kemitraan dengan pemerintah, sektor swasta, organisasi dan masyarakat, WWF akan memulai dan memimpin upaya setiap pemangku kepentingan untuk mengembangkan program untuk menangani berbagai tantangan yang dihadapi dalam penyelamatan sungai Ciliwung.

BERITA & CERITA TERKAIT

Menengok Nasib Sungai Indonesia di Hari Sungai Sedunia

Sudah saatnya kita menjaga ekosistem sungai. Karena dengan menjaga sungai, sama artinya dengan turut menjaga sumber kehidupan kita untuk sekarang dan masa depan.

Menjaga Habitat Gajah melalui Forum Sahabat Gajah

Menghadapi sekawanan gajah yang berbondong-bondong mendatangi kebun bukan lagi hal baru bagi masyarakat Pemerihan. Desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini telah menjadi desa siaga dalam

Masyarakat Adat, Sang "Guru" Pembimbing dalam Memulihkan Hubungan anta

Kita dapat mengambil beberapa pelajaran penting dari penjaga alam terkait hubungan dengan alam, pengetahuan tradisional, dan solidaritas yang memungkinkan mereka membangun komunitas dan kehidupan yang tangguh di wilayah mereka.

Pengelolaan Hutan yang Bertanggung Jawab melalui Sistem Sertifikasi Ja

Hutan Indonesia merupakan habitat untuk keanekaragaman hayati unik yang meliputi 12 persen spesies mamalia di dunia, 7,3 persen spesies reptil dan amfibi, serta 17 persen spesies burung di seluruh dunia. Lebih dari itu, hutan juga berkontribusi pada ketersediaan air dan udara bersih yang kita nikmati setiap harinya.

Upaya Bersama untuk Melindungi Gajah Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terluas ketiga di dunia, setelah Greenland, dan Papua. Pulau ini memiliki banyak sungai dan hutan tropis yang rapat, hutan ini menjadi habitat bagi spesies gajah terkecil, yang memiliki tinggi maksimum 2,5 meter.

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email