Laut Selat Makassar dan Laut Sulawesi

Kepulauan

Seascape

Lokasi Konservasi

Laut

Spesies

PENYU
MAMALIA LAUT

Kawasan ekologi Laut Sulawesi/laut Selat Makassar merepresentasikan zona pertemuan antara populasi Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, atau percampuran antara berbagai jenis fauna dari Timur dan Barat Indonesia. Kawasan ini juga menjadi zona berkembang biak bagi sebagian besar populasi downstream. Kawasan ini kaya akan berbagai spesies yang langka dan unik. Kawasan ekologi Laut Sulawesi/laut Selat Makassar memiliki peran integral dalam konektivitas dan persebaran larva melalui "Indonesian Throughflow", tinggi akan kekayaan spesies, dan tingginya representasi keanekaragaman taksonomi dan genetik dari seluruh Indonesia. Kawasan perairan Sulawesi sangatlah penting bagi berbagai spesies Cetacea, terutama Paus Sperma yang berkembang biak di wilayah utara Sulawesi. Kawasan ini juga menjadi sumber makanan penting bagi Penyu dan menjadi koridor migrasi dan koridor migrasi pasca mereka bertelur. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

The Wings of The Baranusa Angel (Sayap Bidadari Baranusa)

Pulau Lapang di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur kerap disebut sebagai “The Wings of the Baranusa Angel” atau Sayap Bidadari Baranusa. Hal

Get the latest conservation news with email