Paloh

Kepulauan

Kalimantan

Spesies

PENYU
MAMALIA LAUT

Garis pantai sepanjang 193 km yang membentang dari Pontianak hingga Paloh adalah habitat terbesar kedua bagi Penyu Hijau (Chelonia mydas) di Indonesia, serta habitat Buaya Muara (Crocodylus porosus), Bekantan (Nasalis larvatus), Lumba-lumba Bongkok (Sousa chinensis), dan Lumba-lumba Hitam Tak Bersirip (Neophocaena phocaenoides). Namun, 44% dari hutan bakau asli telah dirusak oleh penebangan liar dan pembukaan hutan, dan ini mengakibatkan abrasi pantai, kerusakan terumbu karang, dan intrusi air laut. Kondisi-kondisi ini semakin diperparah dengan tingkat perburuan yang tinggi (jumlah penyu yang menetas telah turun lebih dari 50% dalam beberapa tahun terakhir) dan secara serius merusak ekosistem. WWF bekerja untuk membalikkan tren ini untuk memulihkan ekosistem yang sehat pada tahun 2018.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

The Wings of The Baranusa Angel (Sayap Bidadari Baranusa)

Pulau Lapang di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur kerap disebut sebagai “The Wings of the Baranusa Angel” atau Sayap Bidadari Baranusa. Hal

Get the latest conservation news with email