Papua bagian Selatan

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Taman Nasional
Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Selatan, termasuk distrik Merauke, Mappi, dan Boven Digoel seluas sekitar 9.376 juta ha, sedang mengalami ancaman dari pembangunan berskala besar. Dampak pembangunan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) meluas melampaui Distrik Merauke, sehubungan dengan sebagian besar wilayah sudah lama direncanakan untuk dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri (HTI) di Distrik Boven Digoel dan Mappi. Penebangan, pengembangan perkebunan, dan kegiatan agrikultur yang sering dilakukan oleh orang-orang Non-Papua mengancam integritas lanskap secara luas yang karakteristiknya terdiri atas hutan dataran rendah, rawa gambut (termasuk situs Ramsar), mangrove, dan sungai.

Melanjutkan proyek USAID-LESTARI, WWF akan terlibat mengadvokasi praktik pengelolaan terbaik dalam konsensi yang ada, terutama yang berkaitan dengan hak-hak Masyarakat Adat, perencanaan penggunaan lahan, pemetaan masyarakat, dan manajemen sumberdaya berbasis masyarakat. WWF akan mengadvokasi secara aktif pembentukan beberapa area lindung baru di Mappi (perlindungan hidrologi/lahan gambut seluas 501,434 ha, perlindungan sosial-kultural seluas 496,354 ha, dan koridor WABUBI sebagai area ekosistem penting seluas 200,000 ha).

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Kunjungan Kasih Sayang Teruntuk Mawar sang Duyung

“Seperti anak sendiri karena Mawar sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Alor. Karena ketika kehilangan, rindu itu terasa menyakitkan”

APRIL&APP Memasok Kayu dari Sumber Kontroversial

Koalisi Anti Mafia Hutan merilis laporan temuan pelanggaran komitmen zero deforestation oleh dua raksasa penghasil pulp dan kertas di Indonesia—grup Asia Pulp and Paper (APP)/Sinarmas dan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL). Dua grup tersebut

Menjaga Alam, Menjaga Adat

Tim Pengamanan Hutan Adat Desa Tanjung Belit melakukan patroli perdana pada 19-21 Oktober 2019 menyusul penetapan tim ini pada April lalu.

Hasil Daya Dukung Jadi Rekomendasi Pengelolaan TNK dan TNBB

WWF dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion bersama mendorong pengawasan areal konservasi melalui pendekatan pengaturan jumlah kunjungan wisatawan.

Kemitraan Konservasi untuk Pembangunan Berkelanjutan di Desa dan Laut

Optimalkan Pengawasan di KKP Sorong Selatan

Laurens Segetmena mengenakan setelan pakaian yang nampak kusut, dengan tas kecil menggantung dibagian belakang. Hari itu, Laurens ditemani beberapa nelayan be

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email