Papua Bagian Utara

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Taman Nasional
Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Utara merepresentasikan ekosistem dataran rendah dan hutan pegunungan di bagian utara pulau Papua. Gunung Cycloop adalah bagian dari lanskap ini, sebuah area seluas 22,500 ha yang dirancang sebagai cagar alam. Cagar alam ini terdiri dari lima tipe ekosistem utama yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan sekunder, dan padang rumput. Hutan adat telah didirikan seluas 19,000 ha untuk melindungi Cendrawasih Elok (Macgregoria pulchra) yang merupakan satwa endemik wilayah ini. Pelanggaran batas adalah ancaman terbesar di wilayah ini, dan menjaga hutan (area resapan air) sangatlah penting terkait fungsinya sebagai sumber mata air satu-satunya bagi masyarakat di kota-kota terdekat, dan distrik Jayapura termasuk Danau Sentani.

WWF akan mendorong manajemen hutan berkelanjutan dengan pemerintah daerah dan mendukung hutan kemasyarakatan, produk hutan non-kayu, kakao organik, dan inisiatif ekowisata di bawah manajemen berbasis masyarakat. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Pernyataan WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan KLHK

Pernyataan resmi WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Environmental and Social Management Framework

ESMF dipersiapkan untuk mengidentifikasi, menghindari, mengurangi, dan memitigasi risiko dampak sosial dan lingkungan dari program pelestarian di TNBBS.

Menjadi Volunteer

Menjadi seorang volunteer tidaklah mudah.

Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Dengan adanya panduan ini, diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang telah bersertifikasi.

WWF-Indonesia dan FWD Life dalam Merestorasi Lahan di Indonesia

PT FWD Life Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan WWF-Indonesia untuk kampanye Go Green dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Perempuan Sorong Selatan Ciptakan Produk Olahan Kepala Udang

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email