Papua Barat

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Lanskap

Menindaklanjuti pengumuman baru-baru ini dari Pemerintah Papua Barat yang akan menyisihkan 60% dari tanahnya untuk konservasi, WWF telah memperkenalkan pemetaan tempat-tempat penting bagi masyarakat dan penggunaan lahan tradisional sebagai dasar untuk tata kelola sumber daya. Beberapa kawasan yang menjadi prioritas adalah Cagar Alam Arfak, Cagar Alam Tambrauw, Cagar Alam Tambrauuw Utara dan Selatan dan Jeen Womom. Jeen Womom adalah area pesisir seluas 32.350,8 ha yang berfungsi sebagai katalisator untuk melindungi habitat bersarang Penyu Belimbing yang paling penting di Asia Pasifik. Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk mengamankan provinsi ini melalui memberlakukan Rencana Tata Ruang Wilayah Papua Barat yang terdiri dari 60% kawasan dilindungi dan 40% kawasan budidaya. Ini akan memastikan bahwa area seluas 682.180 ha untuk penambangan dan 3.076 ha area kelapa sawit tidak akan diperluas.

WWF akan mempersiapkan keahlian teknis Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk meninjau rencana tata ruang regional dan penilaian lingkungan strategis.

BERITA & CERITA TERKAIT

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Masyarakat Adat Kampung Asai, Yapen, Papua Sepakat Lakukan Tasamu Raw

Masyarakat adat kampung Asai yang terdiri dari marga Kewari, Abubar, Puari dan Raubia, sepakat melakukan Tasamu Rawanang. Tasamu Rawanang dalam bahasa Asai berarti “Pele Laut” untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Tasamu Rawanang merupakan bentuk konservasi tradisional yang mengakar di budaya masyarakat adat kampung Asai, prakteknya mulai hari ini hingga 22 Juni 2024 masyarakat sepakat menjaga dan tidak mengambil sumber daya alam di lokasi kesepakatan tersebut.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email