Papua Barat

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Taman Nasional
Lanskap

Menindaklanjuti pengumuman baru-baru ini dari Pemerintah Papua Barat yang akan menyisihkan 60% dari tanahnya untuk konservasi, WWF telah memperkenalkan pemetaan tempat-tempat penting bagi masyarakat dan penggunaan lahan tradisional sebagai dasar untuk tata kelola sumber daya. Beberapa kawasan yang menjadi prioritas adalah Cagar Alam Arfak, Cagar Alam Tambrauw, Cagar Alam Tambrauuw Utara dan Selatan dan Jeen Womom. Jeen Womom adalah area pesisir seluas 32.350,8 ha yang berfungsi sebagai katalisator untuk melindungi habitat bersarang Penyu Belimbing yang paling penting di Asia Pasifik. Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk mengamankan provinsi ini melalui memberlakukan Rencana Tata Ruang Wilayah Papua Barat yang terdiri dari 60% kawasan dilindungi dan 40% kawasan budidaya. Ini akan memastikan bahwa area seluas 682.180 ha untuk penambangan dan 3.076 ha area kelapa sawit tidak akan diperluas.

WWF akan mempersiapkan keahlian teknis Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk meninjau rencana tata ruang regional dan penilaian lingkungan strategis.

BERITA & CERITA TERKAIT

Pernyataan WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan KLHK

Pernyataan resmi WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Environmental and Social Management Framework

ESMF dipersiapkan untuk mengidentifikasi, menghindari, mengurangi, dan memitigasi risiko dampak sosial dan lingkungan dari program pelestarian di TNBBS.

Menjadi Volunteer

Menjadi seorang volunteer tidaklah mudah.

Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Dengan adanya panduan ini, diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang telah bersertifikasi.

WWF-Indonesia dan FWD Life dalam Merestorasi Lahan di Indonesia

PT FWD Life Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan WWF-Indonesia untuk kampanye Go Green dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Perempuan Sorong Selatan Ciptakan Produk Olahan Kepala Udang

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email