Sumatera Selatan

Kepulauan

Sumatera

Lokasi Konservasi

Lanskap

Spesies

GAJAH
HARIMAU SUMATERA
BADAK

Koridor keempat yang menjadi fokus WWF-Indonesia adalah bentang alam Sumatera Bagian Selatan, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO (bersama Gunung Leuser dan Taman Nasional Kerinci Seblat) seluas 1,85 juta ha. Pada lanskap tersebut terdapat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang merupakan suaka margasatwa bagi 10 persen harimau Sumatera yang tersisa di dunia, dan 25 persen dari total populasi Gajah Sumatera yang tersisa. Tak hanya itu, pada lokasi ini juga terdapat 5 individu badak Sumatera yang harus segera diselamatkan. WWF bersama mitra akan membangun dan mengelola zona perlindungan intensif (Intensive Protected Zone/IPZ) seluas 100.000 ha untuk menjamin kelangsungan hidup spesies-spesies tersebut.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

The Wings of The Baranusa Angel (Sayap Bidadari Baranusa)

Pulau Lapang di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur kerap disebut sebagai “The Wings of the Baranusa Angel” atau Sayap Bidadari Baranusa. Hal

Get the latest conservation news with email