Kembali

© Administrator

Administrator



Mamalia Laut

Posted by Administrator on 02 November 2018
Author by

Satwa-satwa yang masuk ke dalam kategori mamalia laut di antaranya adalah jenis-jenis paus dan lumba-lumba. Laut Indonesia menjadi rumah dari beberapa jenis paus dan lumba-lumba, dan semua spesies tersebut dilindungi.

 

Salah satu spesies mamalia laut yang umum kita temui adalah Lumba-lumba Hidung-botol (Tursiops truncatus), ini adalah spesies Lumba-lumba yang paling sering ditemukan pada sirkus lumba-lumba. Hingga saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang masih memperbolehkan adanya praktik sirkus lumba-lumba, padahal spesies ini dilindungi secara hukum dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

 

Tidak hanya itu, praktik perburuan lumba-lumba dan paus untuk diambil dari diperdagangkan taring, tulang, daging, dan minyak lemaknya juga masih kerap terjadi. Hal ini merupakan ancaman serius bagi populasi mamalia laut di alam dan harus dihentikan, sebelum mamalia laut yang hidup di lautan Indonesia punah dan menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu.


Cerita Terkini

Parade Satwa di Peringatan Hari Bumi Banda Aceh

Lebih dari 50 anak muda dan pegiat lingkungan di Banda Aceh  melakukan aksi parade satwa dalam rangka  G...

Earth Hour 2019

https://youtu.be/wQ6S-pkbgB0...

Menjaga Keberlanjutan Perikanan Sidat di Indonesia

Oleh: Faridz Rizal Fachri (Capture Fisheries Officer, WWF-Indonesia)Baca Sebelumnya: Melacak Asal Usul Benih ...

Get the latest conservation news with email