Kembali

© Administrator

Administrator



Memperingati Hari Bumi dengan Nobar Film Seri Dokumenter Netflix “Our Planet”

Posted on 29 April 2019
Author by Admin

Memperingati Hari Bumi 22 April 2019 kali ini, WWF-Indonesia di dukung oleh Shangri-La Hotel Jakarta mengangkat tema “Save Our Planet” dengan mengadakan pemutaran film  dokumenter Netflix “Our Planet”. Acara tersebut dihadiri oleh  Ibu Indra Exploitasia, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perwakilan dari Duta Besar SwediaLinda Backteman, perwakilan Duta Besar Switzerland untuk Indonesia Kurt Kunz,  komunitas Earth Hour, Indonesia Berkebun, komunitas  Yoga Gembira, perwakilan Shangri-La Hotel Jakarta, juga perwakilan  media.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan langsung oleh Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Lukas Adhyakso mengenai Living Planet Report. Pola hidup manusia dan cara konsumsi, penggunaan bahan bakar dan pembiayaan pergerakan ekonomi yang menopang kehidupan kitatelah mendorong alam keambang kehancuran, menurut Living Planet Report 2018.

Penggerak terbesar hilangnya keanekaragaman hayati saat ini adalah eksploitasi berlebihan dan agrikultur, keduanya terkait dengan konsumsi manusia yang terus meningkat. Konsumsi manusia yang masif semakin merusak kemampuan alam untuk mempertahankan dan menopang kehidupan kita, baik kehidupan sosial dan ekonomi secara global.

“Bumi,  planet yang secara tidak sadar telah banyak memberikan manfaat bagi manusia. Banyak aktivitas pertanian yang telah memberi asupan pangan bagi 6 milyar manusia di bumi ternyata mendatangkan ancaman yang besar bagi masa depan bumi. Sebagai konsumen, kita bisa memilih produk yang ramah lingkungan untuk berkontribusi dalam upaya penyelamatan planet kita ini”,tegas Lukas Adhyakso.

Setelah pemaparan tersebut, pengunjung kemudian menyaksikan bersama film “Our Planet”. Our Planet merupakan seri dokumenter alam yang diproduksi oleh Netflix. Serial ini dinarasikan oleh David Attenborough dan diproduksi oleh Silverback Films, dipimpin oleh Alastair Fothergill dan Keith Scholey, yang juga membuat serial dokumenter BBC Planet Earth, Frozen Planet dan The Blue Planet. Bekerja sama dengan WWF, film seri dokumenter ini membahas masalah konservasi yang menampilkan spesies luar biasa di dunia di habitat yang paling berisiko dengan cara yang belum pernah dilihat sebelumnya mulai dari lapisan es dan samudera terdalam hingga gurun dan hutan terpencil. Dengan visualisasi yang luar biasa dan realistis dalam mendokumentasikan kehidupan di alam  liar yang mungkin selama ini luput dari perhatian publikyang tanpa sadar melupakan bahwa satwa liar juga merupakan penghuni  bumi.

Our Planet bertujuan untuk menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk memahami spesies luar biasa di dunia dan habitatnya. film ini merupakan film dokumenter alam pertama yang pernah dibuat Netflix yang membutuhkan waktu sekitar 4 tahun dengan lebih dari  600 kru film terlibat dalam proses produksi. Film seri dokumenter ini sendiri telah dirilis secara global pada 5 April 2019.

Film “Our Planet” menyoroti bahwa kita mungkin generasi terakhir yang memiliki kesempatan untuk mengatasi tantangan yang telah diciptakan umat manusia. Kunjungi OurPlanet.com untuk mencari tahu bagaimana Anda dapat membantu planet kita tumbuh lagi.


Cerita Terkini

Peringatan Hari Bumi ke-50: Peluncuran "Panduan Pengadaan Berkelanjuta

WWF-Indonesia dan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) meluncurkan Panduan Pengadaan Ber...

Pelatihan Pengelolaan KKP di Koon

Cuaca yang cukup terik dan udara panas menghinggapi langit Petuanan Adat Kataloka pada hari itu. Terlihat sekelomp...

Upaya Mengurangi Tangkapan Sampingan, PT. IMPD Lakukan Uji Coba Alat T

Kabupaten Sorong Selatan dikenal sebagai salah satu sentra perikanan tangkap di Provinsi Papua Barat khususnya unt...

Get the latest conservation news with email