Kembali

© .

.



Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Posted by Nur Arinta on 05 December 2019
Author by .

Dalam segala sisi kehidupan, manusia tidak dapat lepas dari manfaat hutan dan hasil hutan berupa kayu. Pemanfaatan kayu dan produk kayu yang tidak jelas asal usulnya atau aspek legalitasnya dan secara tidak bertanggung jawab, dapat berpotensi dan berkontribusi pada rusaknya keseimbangan alam.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung pelestarian hutan dan lingkungan di Indonesia, di antaranya dengan menerapkan skema sertifikasi terhadap pengelolaan hutan dan pengolahan produk hasil hutan. Skema sertifikasi yang telah diterapkan, diharapkan dapat memberikan insentif kepada pelaku usaha berupa citra positif atas komitmennya yang tinggi terhadap keberlanjutan hutan. Penandaan/logo produk yang telah disertifikasi dapat menjadi pengenal bagi konsumen bahwa produk tersebut telah dikelola dan diproduksi secara legal, bertanggung jawab dan lestari.   

Sosialisasi dan edukasi terhadap produk kayu bersertifikat melalui panduan-panduan singkat yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat umum menjadi hal yang penting untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat/konsumen dalam memilih/membeli produk kayu dari sumber yang legal, bertanggung jawab, dan lestari.

Guideline for Domestic Market on How to Purchase Responsible Product merupakan buku panduan yang diharapkan mampu untuk memberikan panduan pada konsumen untuk dapat mengetahui asal usul produk kayu dengan cara yang mudah misalnya dengan melihat penandaan/logo sertifikasi pada produk. Dengan buku panduan diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang berasal dari sumber dan dikelola secara legal, bertanggung jawab dan lestari. Sehingga pada akhirnya konsumen dapat turut berkontribusi pada kelestarian alam Indonesia.


Cerita Terkini

Diskusi Konservasi: Tidak Ada Alasan untuk Memburu dan Mengonsumsi Hiu

Oleh: Sani Firmansyah (Engagement Activation Staff) Hiu adalah ikan predator yang berperan menjaga ekosi...

Kegiatan Mulung Ciliwung dalam rangka Hari Sungai Nasional

WWF-Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik di Sungai Ciliwung. Kegiatan Mulung Ciliwung kemba...

Harga Jual Tinggi, Gelembung Renang Ikan Conggek Jadi Incaran

Oleh: Alfian Trendy Apriyanto dan Vava Fatchurochman/Fisheries Enumerator West Papua WWF-Indonesia Teluk Bint...

Get the latest conservation news with email