Kembali

© WWF-Indonesia/Pambayun S. Wiguno

Penandatanganan perjanjian kerja sama Traveloka dan WWF-Indonesia



PRESS RELEASE

Traveloka Dukung Pariwisata Bertanggung Jawab di Indonesia

Posted on 21 November 2019
Author by Traveloka

  • Traveloka berkomitmen untuk mendukung pariwisata yang bertanggung jawab  di Indonesia dengan berfokus pada tiga pilar utama, yaitu: tata kelola lingkungan, sosial budaya dan ekonomi. Sebagai wujud nyata dari tanggung jawab perusahaan.  
  • Traveloka menandatangani kesepakatan kerja sama strategis dengan WWF-Indonesia sebagai salah  satu  lembaga  konservasi  di  Indonesia  untuk  menjalankan  beberapa  inisiatif  kolaborasi antara lain program Signing Blue, penanaman ribuan pohon dalam program MyBabyTree, dan edukasi  mengenai  pariwisata  yang  bertanggung  jawab  serta  mempromosikannya  melalui berbagai jejaring media yang dimiliki Traveloka. 
  • Traveloka mendorong mitra akomodasi untuk bergabung dalam keanggotaan Signing Blue WWF-Indonesia. Program penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan performa hotel melalui sejumlah tahapan dan kriteria yang pada akhirnya membantu mitra akomodasi untuk mampu mempraktikkan  kegiatan  usaha  yang  selaras  dengan  tata  kelola  lingkungan,  sosial  maupun pengelolaan ekonomi secara berkelanjutan.

Jakarta, 21 November 2019 – Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital  terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan lembaga konservasi tertua di Indonesia, WWF-Indonesia. Kerja sama tersebut merupakan  langkah  strategis  perusahaan  sebagai  bentuk  tanggung  jawab  sosial  dan  lingkungan, sekaligus komitmen Traveloka dalam membantu terwujudnya pariwisata berkelanjutan melalui inisiatif dan  program  yang  berfokus  pada  tiga  pilar utama yakni, lingkungan, sosial  budaya  dan  ekonomi. Penandatanganan kesepakatan tersebut turut disaksikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sufintri Rahayu, Public Relations Director, Traveloka mengatakan,  “Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Traveloka, saat ini masyarakat sangat mempertimbangkan pemilihan produk dan brand dari reputasi yang dibangunnya. 64% dari total responden mengatakan bahwa perusahaan harus memimpin sebuah perubahan dibandingkan menunggu arahan pemerintah; dan mayoritas dari mereka sepakat bahwa perusahaan yang hanya memikirkan diri mereka sendiri dan keuntungan tidak akan bertahan lama.”

“Sebagai sebuah perusahaan yang memfokuskan diri kepada industri pariwisata Indonesia, Traveloka menyadari pentingnya peran perusahaan untuk mengedukasi seluruh pihak yang terlibat di Industri ini, termasuk  masyarakat  agar  peduli  terhadap  pariwisata  yang  bertanggung jawab yang kami tuangkan dalam kegiatan CSR yang berkelanjutan. Kerjasama ini akan mendorong Traveloka dan mitranya bekerja berdasarkan prinsip yang bertanggung jawab, dan tentunya sejalan dengan program-program  pariwisata  yang  dicanangkan Pemerintah. Sebagai sebuah  langkah awal, kami yakin mampu meloncati tahapan dari hanya sekadar komitmen, menjadi sebuah gerakan edukasi yang riil mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia,” tambah Sufintri.

Lukas Adhyakso, Direktur Konservasi WWF-Indonesia, mengungkapkan, “kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke berbagai tujuan wisata di Indonesia merupakan salah satu penggerak ekonomi dan sumber pemasukan daerah dan nasional. Namun tentu saja, antusiasme berlibur ke dan di wilayah Indonesia wajib diikuti dengan komitmen semua pihak untuk tetap memperhatikan kelestarian alam dan pemanfaatan sumber daya alam yang bertanggung jawab.”

"Kemitraan ini sejalan dengan misi WWF-Indonesia yaitu mewujudkan tata kelola sumber daya alam yang adil dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kami mengapresiasi Traveloka yang memfasilitasi mitra-mitranya untuk meningkatkan tata kelola perusahaan, yang tidak hanya mempertimbangkan aspek keuntungan ekonomi namun juga kelestarian lingkungan dan pertanggungjawaban sosial. Sebagian program dalam kemitraan ini mencakup program keanggotaan Signing Blue, yang ditujukan kepada mitra hotel Traveloka. Di samping itu, ke depannya  pengguna Traveloka akan dapat melakukan aksi nyata untuk pelestarian  alam, melalui penanaman pohon MyBabyTree. Harapan kami, semua pihak mampu mewujudkan praktik pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” tutup Lukas.

Kerjasama Traveloka dengan WWF-Indonesia meliputi:

  1. Signing Blue:  Traveloka mendorong  mitra  akomodasi  untuk  bergabung  dengan  program keanggotaan-penilaian Signing Blue dari WWF-Indonesia. Program ini dimaksudkan untuk membantu hotel meningkatkan praktik terbaik mereka dalam konservasi lingkungan, kelestarian hayati laut, dan memastikan pemberdayaan masyarakat setempat.
  2. MyBabyTree: Inisiatif WWF-Indonesia, sebagai bagian upaya semua pihak untuk melindungi keberadaan hutan Indonesia dan meningkatkan pengelolaan setidaknya 25% hutan dunia agar memberi manfaat bagi keanekaragaman hayati dan masyarakat. Traveloka mengajak penggunanya untuk berpartisipasi mengadopsi pohon secara virtual melalui penukaran points reward. Pohon yang  diadopsi akan ditanam di lahan-lahan kritis  oleh kelompok masyarakat dampingan WWF-Indonesia.
  3. Edukasi mengenai  Pariwisata  yang Bertanggung Jawab: Traveloka  dan WWF-Indonesia berkolaborasi untuk menjalankan kampanye bersama mengenai pariwisata yang bertanggung jawab di berbagai kanal komunikasi dan jejaring media yang dimiliki Traveloka

Program hasil kolaborasi Traveloka dengan WWF-Indonesia diharapkan dapat mewujudkan wisata berwawasan lingkungan yang berkelanjutan bagi  sektor pariwisata  Indonesia,  mampu  mendorong terciptanya ekosistem pariwisata yang memberi nilai kebermanfaatan bagi pemerintah, pelaku usaha wisata, masyarakat lokal, hingga wisatawan itu sendiri,  sehingga dapat terwujudnya tourism  4.0 sebagai tren pengembangan wisata dunia.

- SELESAI -

Tentang Traveloka

Traveloka adalah perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, dan gaya hidup. Portofolio komprehensif yang dimiliki oleh Traveloka termasuk tiket  untuk  transportasi,  seperti  tiket  pesawat,  bus,  kereta  api,  airport  transfer,  dan  juga  memiliki  inventaris akomodasi  terbesar  di  Asia  Tenggara,  termasuk  hotel,  apartemen,  guest  house,  homestay,  resort,  dan  villa, menjadikan Traveloka sebagai platform dengan pilihan akomodasi dan paket terbanyak.

Traveloka  juga  merupakan  pelaku  industri  utama di  sektor  gaya  hidup  yang  memungkinkan  pengguna  untuk melakukan reservasi untuk berbagai tempat rekreasi dan kegiatan, konektivitas, serta direktori kuliner. Traveloka memiliki layanan customer service yang bisa dihubungi 24/7 dalam bahasa lokal, serta menawarkan kemudahan bertransaksi  dengan  lebih  dari  40  metode  pembayaran,  online  dan  offline,  termasuk  produk  jasa  keuangan Paylater, serta menghadirkan produk asuransi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh secara cepat dan mudah. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: 

Aisha Bunsunandia, PR Manager Traveloka ([email protected] | [email protected] | +62 21 - 2977 5800 ext. 5780)


Cerita Terkini

Perjalanan Sepanjang Masa, Menjelajahi Segitiga Karang Bersama Jürgen

Oleh: Dwi Aryo Pada tahun 2009, duo fotografer alam liar, Jürgen dan Stella Chiu-Freund melakukan ekspedisi ...

WWF-Indonesia Impact Stories 2018

Sepanjang 2013 hingga 2018, WWF melanjutkan dan memperluas upayanya untuk membangun masa depan di mana manusia hid...

Pengelolaan Hutan yang Bertanggung Jawab melalui Sistem Sertifikasi Ja

Hutan Indonesia merupakan habitat untuk keanekaragaman hayati unik yang meliputi 12 persen spesies mamalia di duni...

Get the latest conservation news with email