© WWF-Indonesia/Pambayun S. Wiguno
Penandatanganan perjanjian kerja sama Traveloka dan WWF-Indonesia
Jakarta, 21 November 2019 – Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan lembaga konservasi tertua di Indonesia, WWF-Indonesia. Kerja sama tersebut merupakan langkah strategis perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan, sekaligus komitmen Traveloka dalam membantu terwujudnya pariwisata berkelanjutan melalui inisiatif dan program yang berfokus pada tiga pilar utama yakni, lingkungan, sosial budaya dan ekonomi. Penandatanganan kesepakatan tersebut turut disaksikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Sufintri Rahayu, Public Relations Director, Traveloka mengatakan, “Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Traveloka, saat ini masyarakat sangat mempertimbangkan pemilihan produk dan brand dari reputasi yang dibangunnya. 64% dari total responden mengatakan bahwa perusahaan harus memimpin sebuah perubahan dibandingkan menunggu arahan pemerintah; dan mayoritas dari mereka sepakat bahwa perusahaan yang hanya memikirkan diri mereka sendiri dan keuntungan tidak akan bertahan lama.”
“Sebagai sebuah perusahaan yang memfokuskan diri kepada industri pariwisata Indonesia, Traveloka menyadari pentingnya peran perusahaan untuk mengedukasi seluruh pihak yang terlibat di Industri ini, termasuk masyarakat agar peduli terhadap pariwisata yang bertanggung jawab yang kami tuangkan dalam kegiatan CSR yang berkelanjutan. Kerjasama ini akan mendorong Traveloka dan mitranya bekerja berdasarkan prinsip yang bertanggung jawab, dan tentunya sejalan dengan program-program pariwisata yang dicanangkan Pemerintah. Sebagai sebuah langkah awal, kami yakin mampu meloncati tahapan dari hanya sekadar komitmen, menjadi sebuah gerakan edukasi yang riil mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia,” tambah Sufintri.
Lukas Adhyakso, Direktur Konservasi WWF-Indonesia, mengungkapkan, “kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke berbagai tujuan wisata di Indonesia merupakan salah satu penggerak ekonomi dan sumber pemasukan daerah dan nasional. Namun tentu saja, antusiasme berlibur ke dan di wilayah Indonesia wajib diikuti dengan komitmen semua pihak untuk tetap memperhatikan kelestarian alam dan pemanfaatan sumber daya alam yang bertanggung jawab.”
"Kemitraan ini sejalan dengan misi WWF-Indonesia yaitu mewujudkan tata kelola sumber daya alam yang adil dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kami mengapresiasi Traveloka yang memfasilitasi mitra-mitranya untuk meningkatkan tata kelola perusahaan, yang tidak hanya mempertimbangkan aspek keuntungan ekonomi namun juga kelestarian lingkungan dan pertanggungjawaban sosial. Sebagian program dalam kemitraan ini mencakup program keanggotaan Signing Blue, yang ditujukan kepada mitra hotel Traveloka. Di samping itu, ke depannya pengguna Traveloka akan dapat melakukan aksi nyata untuk pelestarian alam, melalui penanaman pohon MyBabyTree. Harapan kami, semua pihak mampu mewujudkan praktik pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” tutup Lukas.
Kerjasama Traveloka dengan WWF-Indonesia meliputi:
Program hasil kolaborasi Traveloka dengan WWF-Indonesia diharapkan dapat mewujudkan wisata berwawasan lingkungan yang berkelanjutan bagi sektor pariwisata Indonesia, mampu mendorong terciptanya ekosistem pariwisata yang memberi nilai kebermanfaatan bagi pemerintah, pelaku usaha wisata, masyarakat lokal, hingga wisatawan itu sendiri, sehingga dapat terwujudnya tourism 4.0 sebagai tren pengembangan wisata dunia.
- SELESAI -
Tentang Traveloka
Traveloka adalah perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan, gaya hidup, dan jasa keuangan berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, dan gaya hidup. Portofolio komprehensif yang dimiliki oleh Traveloka termasuk tiket untuk transportasi, seperti tiket pesawat, bus, kereta api, airport transfer, dan juga memiliki inventaris akomodasi terbesar di Asia Tenggara, termasuk hotel, apartemen, guest house, homestay, resort, dan villa, menjadikan Traveloka sebagai platform dengan pilihan akomodasi dan paket terbanyak.
Traveloka juga merupakan pelaku industri utama di sektor gaya hidup yang memungkinkan pengguna untuk melakukan reservasi untuk berbagai tempat rekreasi dan kegiatan, konektivitas, serta direktori kuliner. Traveloka memiliki layanan customer service yang bisa dihubungi 24/7 dalam bahasa lokal, serta menawarkan kemudahan bertransaksi dengan lebih dari 40 metode pembayaran, online dan offline, termasuk produk jasa keuangan Paylater, serta menghadirkan produk asuransi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh secara cepat dan mudah. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Aisha Bunsunandia, PR Manager Traveloka ([email protected] | [email protected] | +62 21 - 2977 5800 ext. 5780)
Oleh: Dwi Aryo Pada tahun 2009, duo fotografer alam liar, Jürgen dan Stella Chiu-Freund melakukan ekspedisi ...
Sepanjang 2013 hingga 2018, WWF melanjutkan dan memperluas upayanya untuk membangun masa depan di mana manusia hid...
Hutan Indonesia merupakan habitat untuk keanekaragaman hayati unik yang meliputi 12 persen spesies mamalia di duni...
Get the latest conservation news with email