Kembali

© Administrator

Administrator



Usung Edukasi dan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup, Angkasa Pura I Dukung WWF-Indonesia dan Kementerian Kelautan & Perikanan di Youth Summer Camp 2019

Posted by Anastasia Joanita on 21 June 2019
Author by WWF-Indonesia

Bali, 21 Juni 2019 – Berkolaborasi dengan WWF-Indonesia dan Kementerian Kelautan & Perikanan, PT Angkasa Pura I (Persero) menunjukkan komitmennya guna mengusung edukasi dan gerakan peduli lingkungan hidup dengan mendukung gerakan Youth Summer Camp 2019 yang diselenggarakan pada 21-24 Juni 2019 di Bali. Kegiatan Youth Summer Camp diselerenggarakan dalam rangka  peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2019.

Youth Summer Camp merupakan inisiatif kegiatan edukasi generasi muda Indonesia untuk konservasi kelautan dari Komunitas Marine Buddies yang pendiriannya diinisiasi oleh WWF-Indonesia. Angkasa Pura I yang memiliki misi dalam memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan hidup turut mendukung berbagai inisiatif terkait praktik bisnis berkelanjutan dan konservasi lingkungan hidup, termasuk isu kelautan. Dukungan ini juga sebentuk tanggung jawab lingkungan dan sosial perusahaan akibat pembangunan bandara khususnya di Bali. Program ini menjadi salah satu program sustainability development yang sedang digalakkan oleh perusahaan.

“Angkasa Pura I mendukung berbagai inisiatif gerakan edukasi pelestarian lingkungan, termasuk kegiatan Youth Summer Camp 2019 ini. Generasi milenial memiliki peran yang cukup signifikan untuk berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, yang pada akhirnya juga berdampak terhadap keberlanjutan bisnis. Kami bangga menjadi bagian dari gerakan generasi muda yang berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup ini, khususnya isu kelautan. Harapannya, gerakan ini dapat berkembang dan menjadi gerakan nasional yang melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan untuk mewujudkan objektif konservasi lingkungan hidup nasional,” ujar Devy Suradji selaku Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero).

Direktur Komunikasi WWF-Indonesia Elis Nurhayati menambahkan, “Youth Summer Camp adalah prakarsa oleh Komunitas Marine Buddies yang kita dukung total. Diikuti oleh 100 anak muda dari berbagai kota di Indonesia yang mendaftar secara mandiri dan atas inisiatif sendiri, kegiatan ini memiliki arti penting. Selain sebagai media edukasi untuk mengenalkan isu kelautan, perikanan, perubahan iklim dan upaya pelestarian ekosistem perairan di Indonesia, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membuat perencanaan aksi nasional generasi muda terkait isu kelautan di Indonesia selama setahun ke depan. Arti penting dan tujuan lain kegiatan ini adalah mendorong kolaborasi para pihak yang peduli lestarinya sumber daya kelautan Indonesia, yaitu masyarakat madani, korporasi dan pemerintah, supaya bersama menerapkan triple bottom line (social, environmental and financial; people, planet and profit) dalam praktik keseharian.

Elis juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Angkasa Pura I dan Kementerian Kelautan & Perikanan dalam Youth Summer Camp 2019.

Data riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan bahwa nilai kekayaan laut Indonesia hingga Maret 2019 mencapai Rp1.772 triliun atau setara dengan 93 persen dari total APBN Indonesia tahun 2018. Nilai kekayaan tersebut bersumber dari ikan, terumbu karang, ekosistem mangrove, ekosistem lamun, potensi wisata bahari, dan lainnya.

“Untuk mengoptimalkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia, juga mengelola risiko bencana yang terkait kawasan pesisir sepanjang garis pantai kita, upaya konservasi, oleh karenanya berperan strategis. Kawasan konservasi laut merupakan instrumen penting dalam pengelolaan sumber daya perikanan karena dapat melindungi habitat, struktur ekosistem, fungsi ekosistem, dan menjaga keanekaragaman spesies perairan, ujar Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan & Perikanan Republik Indonesia.

“Perlindungan terhadap 20 hingga 40 persen wilayah laut dari penangkapan ikan yang berlebihan atau praktik yang kurang berkelanjutan pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Upaya perlindungan ini juga terkait erat dengan kedaulatan kemaritiman Indonesia. Hal yang sejalan dengan tiga pilar KKP yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan. Youth Summer Camp 2019 ini sejalan juga dengan program Gerakan Cinta Laut KKP," lanjut Brahmantya.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mendirikan kawasan konservasi perairan (laut) di seluruh Indonesia seluas 20 juta hektar pada tahun 2020. Niat Ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia pada acara World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit di Manado pada tahun 2009 dan di Bali di 2018. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada tahun 2018 telah terbangun 177 kawasan konservasi perairan dengan  luasan mencapai 20,88 juta Ha (6,42 % dari luas laut) di seluruh Indonesia.

Youth Summer Camp 2019 yang diselenggarakan selama empat hari ini akan diisi beragam sesi berbagi pengetahuan dan pengalaman ahli dan praktisi kepada generasi muda. Topik terdiri dari berbagai isu kelautan dan perikanan, dari mulai potensi sumber daya alam dan ancamannya, kampanye anti perdagangan ilegal satwa liar dan polusi sampah plastik, hingga cara berkontribusi pada konservasi laut dengan melakukaan pendataan sampah pesisir dan penanganan mamalia terdampar. Selain itu, peserta juga akan melakukan kunjungan ke Kawasan Konservasi Perairan Daerah Nusa Penida, melakukan penanaman bakau dan pengamatan terumbu karang, pelepasan tukik, dan kegiatan malam budaya.

Youth Summer Camp 2019 kali ini melibatkan sekitar 100 orang generasi muda Indonesia berusia 15-24 tahun perwakilan dari Komunitas Marine Buddies Indonesia, komunitas Earth Hour, mahasiswa, dan anak muda dari komunitas umum lainnya.

                                                                                                                                      ***


Informasi lebih lanjut, mohon menghubungi :

•    Awaluddin | Corporate Communication Senior Manager, Angkasa Pura I | HP: 081233337520 | Email: [email protected]

•    Galih Aji Prasongko | Youth & Community Engagement Specialist, WWF-Indonesia | HP: 0856 9240 0192 | Email: [email protected]


Cerita Terkini

Tapir Sumatera

Tapir Sumatera

Indonesia Menempati Lima Peringkat Teratas di WWQ Internasional 2019

Indonesia Menempati Lima Peringkat Teratas di WWQ Internasional 2019

Panda Mobile Ajak Siswa-Siswi KidzArt Menjaga Kelestarian Hutan

Panda Mobile Ajak Siswa-Siswi KidzArt Menjaga Kelestarian Hutan

Get the latest conservation news with email