AKSI NYATA #BELIYANGBAIK, UNILEVER & HYPERMART TANAM 15.500 POHON BERSAMA WWF-INDONESIA
Oleh: Natalia Trita Agnika
Program #BeliYangBaik kolaborasi WWF-Indonesia, Unilever, dan Hypermart yang telah digaungkan selama periode 21 April hingga 17 Mei 2016 silam, telah berhasil meningkatkan kepedulian publik akan kelestarian alam. Hal itu disampaikan oleh Joy Tarigan, Customer Development Hypermarket and Road to Market Unilever Indonesia dalam seremoni penanaman pohon di Telaga Saat (Sub DAS Ciliwung Hulu), Cisarua, Jawa Barat pada Kamis (08/09) yang lalu.
“Saya merasa cukup bangga kita bisa mengakhiri program kampanye dan melakukan inagurasi simbolisasi komitmen penanaman 10.000 pohon. Program #BeliYangBaik adalah bagian dari Unilever Sustainable Living Plan yang masuk ke arena konsumen,” terang Joy dalam sambutannya. Lebih lanjut Joy juga mengungkapkan bahwa program #BeliYangBaik untuk lingkungan yang lestari tersebut telah meraih “Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2016” Majalah MIX dan telah berhasil menjangkau lebih dari 10.000 orang untuk berinteraksi di booth #brightFuture di toko Hypermart. Sebanyak 7.000 orang di antaranya telah turut berbagi cerita bagaimana menciptakan lingkungan yang lebih baik.
Selama masa periode kampanye, setiap pembelian produk Lipton, Bango, Lifebuoy, Pepsodent, Domestos, Dove, Molto, Rinso, dan Pure It di Hypermart, konsumen secara otomatis ikut mendonasikan Rp 1.000 untuk program NEWtrees. “Maka saat ini, di saat yang sama, ada inagurasi (penanaman pohon) juga di Yogyakarta dan Tulungagung,” jelas Joy.
Sementara itu, Director of Public Relation & Communication MPPA Retail, Danny Kojongian menyambut baik hasil dari kampanye #BeliYangBaik. “Hari ini adalah satu sejarah baru dimana kita (Unilever, Hypermart, dan WWF-Indonesia) sebagai bagian dari seluruh konsumen Indonesia, kita mulai memberikan sesuatu hal yang baik bagi konsumen Indonesia,” ujarnya. Danny juga mengungkapkan bahwa partisipasi dari konsumen memiliki andil yang sangat besar. “Konsumen sudah makin kritis tentang asal-usul produk. Kami tidak hanya ingin berjualan, tetapi juga bertanggung jawab kepada masyarakat. Dengan 10.000 pohon adalah hal yang sangat serius yang memberikan dampak positif untuk masa mendatang untuk generasi penerus kita. Kami bangga karena dua nama yang sangat terkenal di dunia (Unilever dan WWF) telah mengajak Hypermart melakukan hal yang mulia ini,” lanjutnya.
Kerjasama antara WWF-Indonesia dan PT Unilever Indonesia dalam program NEWtrees ini merupakan kali yang kedua. Saat ini, melalui kampanye #BeliYangBaik, Unilever kembali berkontribusi dalam penyelamatan daerah tangkapan air di hutan lindung Sub DAS Ciliwung Hulu dengan menanam 10 hektare, di hulu Brantas Kabupaten Tulungagung seluas 10 hektare, dan kawasan mangrove di muara Kali Opak Yogyakarta seluas 5 hektare. Jumlah total pohon yang ditanam adalah sebanyak 15.500 pohon.
Devy Suradji, Direktur Marketing WWF-Indonesia menjelaskan bahwa program NEWtrees bukan sekadar program penanaman pohon, tetapi memberikan dampak lebih. “Nanti akan ada pohon nangka, alpukat, damar, rasamala, dan puspa. Pohon puspa merupakan salah satu pohon endemik dari hutan Jawa Barat. Sedangkan pohon damar bisa diambil getahnya. Alpukat dan nangka juga bisa memberikan hasil langsung bagi masyarakat sekitar,” jelas Devy. Dengan demikian, penanaman pohon melalui program NEWtrees selain memberikan manfaat ekologi untuk masyarakat luas juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.
Pada acara seremonial tersebut, sejumlah perwakilan dari Unilever, Hypermart, dan WWF-Indonesia turut menanam secara langsung berbagai bibit pohon yang telah disiapkan di area sekitar Telaga Saat, (Sub DAS Ciliwung Hulu), Cisarua, Jawa Barat. Pohon-pohon tersebut nantinya akan dirawat dan dimonitor oleh komunitas masyarakat yang bermitra dengan WWF-Indonesia. Publik dapat mengawasi pertumbuhan pohon-pohon melalui Geotags (pelabelan pohon dengan garis lintang dan garis bujur/koordinat lokasi yang tepat).