CALL FOR TENDER: KAJIAN ANALISIS SITUASI SISTEM PENGELOLAAN PERSAMPAHAN KOTA BOGOR
Masalah sampah di Kota Bogor kian mendesak dengan timbulan mencapai 779,81 ton per hari, termasuk 15% sampah plastik. Ketersediaan infrastruktur dan tata kelola belum memadai, sementara perubahan kepemimpinan nasional dan lokal menuntut arah kebijakan yang lebih kuat. Pemerintah Kota Bogor bersama WWF-Indonesia melalui proyek Plastic Smart Cities menginisiasi Kajian Analisis Situasi Persampahan untuk mendukung review Masterplan Persampahan tahun 2026, serta memperkuat perencanaan dan strategi pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan berbasis data.
Tujuan
Tujuan kegiatan ini adalah:
- Pengumpulan data dan analisis data persampahan melalui kerangka kerja kajian analisis situasi pengelolaan persampahan kota Bogor, melalui pelaksanaan penyediaan konsultan dan pelaksanaan kajian;
- Menyediakan materi awal dan draft Review ke-2 Masterplan Persampahan Kota Bogor;
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Kajian ini adalah:
- Dokumen Laporan Analisis Stakeholders Pengelolaan Sampah Kota Bogor
- Dokumen Data Hasil Pengumupulan dan Analisis Data Pengelolaan Persampahan seperti yang termuat dalam bagian Ruang Lingkup (lihat 4.2);
- Dokumen laporan Analisis Situasi dan Potensi Pengelolaan Sampah dari Sumber;
- Dokumen Laporan Draft Review Masterplan Persampahan Kota Bogor sesuai struktur pembahasan masterplan persampahan kota Bogor yang ada, termasuk di dalamnya rekomendasi kebijakan dan program sampai masa berlakunya masterplan, serta potensinya dalam pengembangan sirkular ekonomi berbasis pengelolaan sampah wilayah kota Bogor.
. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari Kajian Analisis Situasi Pengelolaan Persampahan Kota Bogor ini mencakup:
-
- Lokasi Studi dilakukan di Kota Bogor yang menjangkau seluruh Kelurahan dan Kecamatan di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat;
- Kegiatan dalam Studi Analisis Situasi Pengelolaan Sampah di Kota Bogor:
- Analisis Stakeholders Pengelolaan Sampah dan kebutuhan keterlibatan stakeholders (Stakeholders Engagement)
- Pengumpulan dan analisis data timbulan dan komposisi sampah di sumber, yang terdiri dari rumah tangga dan non-rumah tangga;
- Pengumpulan dan analisis data timbulan sampah organik dan anorganik di fasilitas pelayanan sampah yaitu, Tempat Penampungan Sementera (TPS), Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R); Tempat Penglolaan Sampah Terpadu (TPST); Bank Sampah Unit (BSU) dan Bank Sampah Induk (BSI)
- Pengumpulan dan analisa data timbulan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang digunakan oleh dan/atau atas perijinan dari pelayanan sampah pemerintah Kota / Dinas Lingkungan Hidup;
- Analisa data timbulan sampah plastik sekali pakai
- Analisa data sumber sampah
- Pengumpulan dan analisis data pengangkutan sampah, termasuk fasilitas dan pengangkutan sampah di ruas jalan;
- Pengumpulan dan analisa data aliran sampah dan kebocoran sampah di darat;
- Pengumpulan dan analisa data strategi, program dan kebijakan, regulasi serta kelembagaan pengelolaan sampah;
- Analisa gender dalam pengelolaan sampah, terutama di dalam rumah tangga, bank sampah, dan wilayah administrasi pemerintahan
- Analaisa perkembangan dan bentuk inovasi dan partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah di dalam skala kota;
- Pengumpulan dan analisa data pembiayaan pengelolaan sampah
- Analisa potensi pengembangan sirkular ekonomi berbasis pengelolaan sampah wilayah Kota Bogor;
- Menyusun analisa persampahan lainnya sesuai kebutuhan di lapangan, serta menyusun dokumen-dokumen laporan sesuai dengan yang tertuang dalam Bagian 3 tersebut di atas (Hasil yang Diharapkan)
TIMELINE
- Pelaksanaan Kajian ini dilaksanakan dalam periode waktu 1 Juli s/d 30 Oktober 2025. Proses tahapan awal untuk memperoleh vendor pelaksana kajian ini akan dilakukan selama bulan Juni 2025.
Dokumen yang dibutuhkan dalam berpartisipasi dalam tender
Semua badan konsultan yang berminat wajib menyerahkan dokumen-dokumen berikut:
- Proposal – Termasuk rincian penawaran investasi.
- Curriculum Vitae (CV) – Dari anggota tim yang diusulkan.
- Dokumen Kualifikasi – Pakta Integritas & Perjanjian Kerahasiaan Informasi (Confidentiality Agreement). Templat dapat diunduh di tautan ini: Form Kualifikasi, Pakta Integritas, dan Perjanjian Kerahasian Informasi
- Dokumen Perusahaan – Termasuk:
- Akta Pendirian, akta Perubahan Terakhir.
- Surat Keterangan Kementerian Hukum dan HAM.
- NIB (Nomor Induk Berusaha).
- NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
- SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak).
- Mutasi Rekening 3 bulan terakhir.
Mohon kirimkan semua dokumen yang dibutuhkan di atas paling lambat pada tanggal 27 Juni 2025 ke Alamat email [email protected]
Untuk Detail Kegiatan dapat dilihat pada TOR berikut : https://bit.ly/ToRKajiananalisissituasipersampahan
